Rabu, 07 Maret 2012

Perbedaan Versi 32-bit dan 64-bit pada Windows

Pada Windows, baikt itu XP, Vista dan Windows 7, terdapat dua versi yang sering kita temui, yaituWindows 32-bit dan 64-bit. Anda akan sering menemukan pilihan antara keduanya saat akan menginstal Windows Vista/7, menginstal driver hardware PC/laptop, menginstal antivirus, dan lain sebagainya. Sebagian dari kita mungkin masih bingung mengenai perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Windows, atau masih ragu ketika harus memilih di antara kedua versi OS tersebut.

Jika demikian, Anda berada pada halaman yang tepat, karena berikut ini saya akan menuliskan tentang kedua versi sistem operasi (OS) Windows  tersebut, berdasarkan pertanyaan yang sering timbul sehubungan dengan topik ini.

Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit

windows 32-bit atau windows 64-bit
Istilah 32-bit dan 64-bitmengacu pada kemampuan prosesor komputer (CPU) mengolah data dan informasi. Versi 64-bit mampu menangani jumlah data yang lebih besar daripada versi 32-bit. Sederhananya, 64-bit bisa mengatasi jumlah RAM (random access memory) yang jauh lebih besar dari pada 32-bit.
Secara teori, Windows 32-bit maksimalnya hanya mampu menangani RAM sebesar 4096 MB (4 GB), sedangkan versi 64-bit mampu sistem RAM hingga 17 Milyar GBs.
Catatan:
Windows 7 yang terbagi menjadi beberapa versi (Home Edition, Professional, Ultimate, dsb) memiliki batasan dukungan terhadap RAM yang bisa digunakan. Contohnya, versi Home Edition hanya mampu mendukung RAM sebesar 16 GB, sedangkan versi Ultimate mampu mendukung sistem dengan besar RAM hingga 192 GB.
Cara mengetahui apakah komputer Anda menggunakan Windows 32-bit atau 64-bit
Untuk memastikan apakah komputer Anda menggunakan versi 32-bit atau 64-bit, ikuti langkah-langkah berikut (untuk Windows Vista dan 7):
  • Klik tombol Start
  • Klik kanan di Computer –> Pilih Properties
  • Pada bagian System, Anda akan menemukan jenis sistem operasi Windows yang Anda gunakan (lihat gambar)
Windows 32-bit dan Windows 64-bit

Instalasi Windows 7: 32-bit atau 64-bit?


Setelah mengetahui perbedaan keduanya, tentu Anda sudah tahu bahwa Windows 64-bit lebih baik dari pada 32-bit. Sistem operasi 64-bit akan sangat terasa kelebihannya jika komputer Anda menggunakan RAM 4 GB atau lebih. Itu karena sistem 64-bit mampu mengolah data lebih efisien. Sistem 64-bit misalnya akan lebih responsive saat Anda sedang membuka banyak program sekaligus dan saat beralih dari satu program ke program lainnya.


Namun, untuk menginstal Windows versi 64-bit, komputer Anda harus memiliki prosesor (CPU) yang capable atau support terhadap sistem operasi 64-bit. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengikuti langkah berikut (untuk Windows Vista dan 7):

  • Buka Performance Information and Tools. Caranya: Start –> Control Panel. Pada search box, ketik Performance Information and Tools dan kemudian pada hasil yang tampil, pilihPerformance Information and Tools.
  • Kemudian klik View and print detailed performance and system information.
  • Pada kategory System, Anda akan menemukan beberapa informasi tentang sistem operasi komputer Anda. Terdapat System type yang memberitahukan versi OS yang Anda jalankan, kemudian di bawahnya terdapat 64-bit capable yang memberitahukan apakah komputer Anda mampu menjalankan OS 64-bit atau tidak.
kelebihan versi 64-bit windows
Jika Anda menggunakan Windows 64-bit, keterangan 64-bit capable tidak akan tampil pada kategori System seperti yang terlihat pada gambar.
Apabila komputer Anda mendukung sistem 64-bit, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk menginstal Windows versi 64-bit, agar performa komputer Anda lebih responsif. Apalagi jika Anda menambah kapasitas RAM menjadi 4GB atau lebih.

Kompatibilitasnya dengan program, apliaksi dan driver lain


Kebanyakan program dan aplikasi yang didesain untuk berjalan pada OS 32-bit tetap dapat berjalan pada sistem 64-bit, kecuali untuk beberapa program antivirus. Namun tidak untuk kebalikannya. Program dan aplikasi yang didesain untuk sistem 64-bit tidak akan bekerja pada sistem dibawahnya (32-bit, 16, bit, & 8-bit). So, jika Anda menggunakan Windows 64-bit, Anda secara keseluruhan harus menginstal program dan driver yang memang dirancang untuk OS 64-bit.


Pengecualian untuk driver-driver perangkat/device  seperti VGA, modem, printer, dan lain sebagainya harus diinstal sesuai dengan jenis OS yang Anda gunakan. Misalnya Anda mengistal deriver versi 32-bit pada komputer yang menggunakan sistem 64-bit, maka printer tersebut tidak akan bekerja. Begitu juga untuk VGA dan device lainnya, harus diinstal sesuai dengan versi OS yang digunakan pada komputer.

Itulah tadi beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai OS Windows 32-bit dan Windows 64-bit. Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.




JANGAN LUPA LIKE ,KOMENTAR DAN KASIH TAU TEMAN YA .. ^_^ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar