Senin, 25 Juni 2012

6 Super Komputer Tercepat di Dunia

Beberapa negara telah sukses dalam mengembangkan sebuah komputer super canggih dengan kemampuan dahsyat sehingga disebut sebagai super komputer yang biasa digunakan untuk penelitian ilmiah. Mereka pun berlomba-lomba untuk menyabet gelar sebagai yang paling cepat performanya.Pergantian posisi cukup sering terjadi. Di mana tahta sebuah super komputer tiba-tiba direbut oleh perangkat dari negara lain dengan desain yang jauh lebih canggih.
Berikut daftar super komputer tercepat di dunia dalam daftar Top 500 yang disusun oleh para akademisi di University of Mannheim, University of Tennessee, Knoxville, dan NERSC/Lawrence Berkeley National Laboratory.

6. Jaguar
komputer tercanggih
Jaguar dibuut oleh operator Cray di Oak Ridge National Laboratory yang berlokasi di Tennessee, Amerika Serikat. Jaguar punya performa puncak 1,7 petaflop/s. Komputer super ini punya 224.256 core prosesor berbasis AMD Opteron x86.

Sistem operasinya adalah Linux yang dijuluki sebagai Cray Linux Environment. Dengan kemampuan komputasinya yang menakjubkan, Jaguar digunakan untuk mendukung penelitian di berbagai bidang, dari seismologi, fisika sampai astrofisika.

5. Tianhe 1A
Tidak mau kalah dengan negara maju, China membuat komputer super sendiri yang dinamakan Tianhe 1. Perangkat ini dikembangkan oleh Chinese National University of Defense Technology (NUDT) dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009.
6 Super Komputer Tercepat Sejagat
Pada bulan Oktober 2010, dilakukan upgrade dengan nama Tianhe 1A. Dilengkapi dengan spesifikasi super seperti 14.336 prosesor Xeon X5670 dan 7.168 GPU Nvidia Tesla M2050, Tianhe 1A dapat mencatatkan kecepatan kalkulasi 2,6 petaflop/s

4. SuperMUC
SuperMuc adalah julukan komputer super baru asal Jerman yang dikembangkan Leibniz-Rechenzentrum di kota Munich. SuperMUC disebut-sebut sebagai komputer super tercepat di Eropa dengan kecepatan 3 petaflop/s. Seperti komputer super yang lain, kegunaan utamanya adalah untuk mengadakan berbagai macam penelitian ilmiah.
Ini Dia 6 Super Komputer Tercepat diDunia
Sistem SuperMuc akan menggunakan 18.432 prosesor Intel Xeon Sandy Bridge-EP dan berjalan di server IBM System x iDataPlex. Komputer super ini juga memakai teknologi cooling terbaru di IBM bernama Aquasar yang menggunakan air panas untuk mendinginkan prosesor.

3. Mira
Vendor teknologi raksasa IBM terkenal getol mengembangkan super komputer yang dinamakan Blue Gene. Salah satu versinya dinamakan Mira, yang masuk keluarga Blue Gene/Q yang didesain punya kinerja lebih hebat dibandingkan versi Blue Gene sebelumnya.
6 Komputer paling canggih didunia
Komputer super ini diletakkan di National Labroratory di Illinois, Amerika Serikat untuk melakukan bermacam fungsi. Kecepatannya bisa sekitar 8 petaflop/s.

2. K computer
Komputer dengan kecepatan tertinggi sedunia
K Computer yang dibuat di Jepang tercatat mampu membukukan kecepatan kalkulasi mencapai 10,51 petaflop/s. K Computer ini merupakan super komputer yang dibangun oleh perusahaan teknologi Fujitsu.

Perangkat yang ditempatkan di RIKEN Advanced Institute for Computational Science, Kobe, Jepang itu dilengkapi lebih dari 80 ribu unit CPU yang masing-masingnya diperkuat dengan 8 core. Jepang sendiri telah mempunyai beberapa super komputer.

1. Sequoia
Super komputer tercepat sejagad
Sequoia adalah super komputer yang didesain oleh IBM. Saat ini ia ditempatkan di Lawrence Livermore National Laboratory dan digunakan oleh Department of Energy, Amerika Serikat. Sequoia menyabet gelar super komputer tercepat setelah mengukir kecepatan prosesing 16,32 petaflop/s.

Dimana mengalahkan pencapaian 10,5 petaflop/s yang dihasilkan K Computer yang sebelumnya menempati posisi pertama. Hasil ini bisa dibilang prestasi tersendiri bagi AS. Sebab ini kali pertama Negeri Paman Sam jadi 'sarang' super komputer tercepat sejagat dalam tiga tahun terakhir. 

Pengertian FLOPS

JANGAN LUPA LIKE ,KOMENTAR DAN KASIH TAU TEMAN YA .. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar