Kamis, 21 Februari 2013

Terowongan - Terowongan Pohon dari Berbagai Dunia

      Sebuah terowongan pohon adalah jalan, jalur atau trek di mana pohon-pohon di setiap sisinya membentuk kanopi kurang lebih terus menerus, dan karenanya memberikan efek terowongan. Efek ini terdapat di jalan-jalan formal dengan pohon-pohon diatur berjajar di sisi-sisinya atau di jalan-jalan pedesaan dengan pohon-pohon secara acak ditempatkan pada setiap sisi dari rute. Semua itu dapat membuat pemandangan yang indah.

1. Jacarandas Walk, Afrika Selatan

Lebih dari 10 juta pohon membuat kota terbesar Afrika Selatan tetap hijau. Menurut sumber resmi , Johannesburg adalah rumah bagi hutan buatan manusia terbesar di dunia.



Setidaknya ada 49 spesies Jacaranda, sebagian besar dari mereka berasal dari Amerika Selatan (terutama di Uruguay, Brasil, Peru & Argentina), dan basin Karibia. Pohon-pohon tropis ini diimpor ke Afrika Selatan lebih dari seratus tahun yang lalu. Oktober adalah bulan ketika bunga dari ribuan pohon Jacaranda sedang mekar penuh.



Terowongan pohon spektakuler ini terletak di Johannesburg dan juga di Pretoria, Kota Jacaranda di mana 70.000 + Jacarandas menambahkan percikan ungu-biru yang hidup pada lanskap perkotaan. 


2. Terowongan Cinta, Ukraina

Salah satu terowongan pohon yang paling indah di dunia dapat ditemukan di dekat kota Klevan di Ukraina - The Tunnel of Love. Ini sebenarnya adalah sebuah terowongan pohon kereta api. Terowongan ini adalah daya tarik utama di daerah itu dan juga menjadi salah satu tempat paling indah di Ukraina.



Selama bulan-bulan hangat, pohon-pohon yang ditanam berdekatan ini membentuk sebuah terowongan hijau sejauh satu kilometer (0,6 mil) sepanjang rel kereta api. Ketidaktahuan banyak orang mengenai terowongan ini, membuatnya terpelihara dengan baik. 
Selengkapnya baca disini: Terowongan Cinta Ukraina


3. Cherry Blossom Tunnel, Jerman

Cherry Blossom Tunnel (Heerstrabe) terletak di kota Bonn Jerman. Ini adalah jalan yang indah dan tenang di mana serangkaian pohon bunga sakura terdapat di sisi sisi jalan. Musim semi menjadi hidup ketika bunga yang berada di atas kepala mekar penuh.



Dua buah jalan di Bonn telah ditanam pohon bunga sakura di sisi-sisinya, tetapi yang paling banyak ditanami adalah Heerstrabe. Bunga sakura mekar rata-rata selama 7 - 10 hari rdan sangat tergantung pada kondisi cuaca. 


4. The Dark Hedges, Inggris

Ini adalah terowongan pohon beech yang dikenal secara lokal sebagai "pagar gelap" yang diperkirakan berusia sekitar 300 tahun. Ada lebih dari 100 pohon beech berbaris di sisi-sisi jalan Bregagh dekat desa Stranocum di County Antrim, Irlandia Utara. Mereka membentuk lengkungan diatas jalan dan ada kekhawatiran bahwa beberapa pohon dapat menimbulkan resiko bagi pengguna jalan karena kondisi mereka.



Terowongan ini menjadi obyek yang paling banyak difoto dan merupakan lokasi yang populer untuk fotografer Irlandia Utara dan pengunjung internasional. Foto-foto terowongan ini telah tampil dalam buku UK Landscape Photographer of the Year 4 kali berturut-turut di 4 tahun pertama. Sayangnya karakter situs kini telah dirusak oleh konstruksi pagar domba berwarna hijau cerah yang dibangun di dalam garis pohon.


5. Rua Gonçalo de Carvalho, Brasil

Sebuah terowongan hijau, dibentuk oleh mahkota dari lebih dari 100 pohon spesies tipuana, adalah daya tarik utama dari jalan Gonçalo de Carvalho, di sisi selatan Porto Alegre, yang baru-baru ini mendapatkan nickname "most beautiful in the world".



Status itu diberikan oleh seorang ahli biologi Portugis yang kagum dengan gambar di internet, kemudian menulis sebuah postingan tentang tempat ini. Sekarang, tempat ini adalah titik wisata terbaru di kota.



Siapapun yang mengunjungi kota ini selalu ingin melihat jalan, tapi sangat sedikit yang tahu bahwa diperlukan perjuangan panjang untuk melestarikannya. Rencana oleh berbagai bisnis untuk menghapus beberapa pohon untuk pembangunan telah digagalkan oleh masyarakat dan pada tahun 2006, jalan secara resmi dinyatakan sebagai Warisan Lingkungan di Amerika Latin, pertama kalinya sebuah kehormatan telah diberikan di jalan perkotaan. 
Baca Juga Disini


6. Oak Alley Plantation Tree Tunnel, USA

Oak Alley Plantation adalah perkebunan bersejarah yang terletak di Sungai Mississippi di komunitas Vacherie, Louisiana dan dilindungi sebagai National Historic Landmark.



Dinamai karena ciri khas nya, alley (terowongan pohon) diciptakan oleh dua baris pohon ek hidup sekitar 800 kaki (240 meter) yang ditanam di awal abad 18, jauh sebelum rumah ini dibangun. Terowongan pohon menghubungkan rumah dan Sungai Mississippi. 


7. Natural Tree Tunnel, USA

Terowongan pohon yang menakjubkan ini terletak di Mendocino County, California. Melalui terowongan ini akan melewati US Highway 1, tepat di sebelah utara pantai Seaside. Terowongan ini adalah bagian yang paling populer dari Highway diantara driver lokal.

8. Autumn Tree Tunnel, USA

Terowongan pohon ini jelas menakjubkan. Keindahan yang sebenarnya datang di musim gugur. Autumn Tree Tunnel terletak di jalan menuju Notch Smuggler, sebuah taman negara bagian Vermont. Dedaunan yang eye-catching mulai berubah warna di wilayah utara, sebagai respon terhadap faktor-faktor lingkungan, dan menyebar ke selatan saat musim gugur tiba.


9. Terowongan Pohon Ginkgo, Jepang

Gingko biloba adalah pohon yang sangat dihormati dalam budaya Jepang. Enam pohon ginkgo yang selamat dari pemboman Hiroshima, terus tumbuh meski menghadapi begitu banyak tantangan, dan masih hidup sampai saat ini. Oleh karena itu, orang Jepang menganggap gingko sebagai "pembawa harapan". Pohon-pohon ginkgo ini juga dikenal sebagai "survivor" atau "fosil hidup".



Sekitar 65.000 pohon ginkgoes menyemarakkan jalan-jalan, kebun dan taman kota Tokyo saat ini. Menurut beberapa orang yang mengunjungi Tokyo, terowongan yang Anda lihat dalam gambar di atas terletak di taman luar Meiji Shrine.


10. Yew Tree Tunnel, Inggris

Rumah abad pertengahaan Aberglasney, memiliki salah satu taman yang paling indah di Wales, Inggris. Mereka telah menjadi inspirasi bagi penulis sejak tahun 1470. Terowongan pohon Yew merupakan daya tarik wisata yang populer di daerah ini. Percaya atau tidak, butuh pemangkasan selama sembilan tahun untuk mengembalikan keunikan gerbang lengkung ini.



Terowongan Yew diduga telah ditanam oleh keluarga Dyer pada abad kedelapan belas. Ketika mereka telah tumbuh tinggi, mereka membungkuk untuk membentuk lengkungan. Batang-batang mereka telah menyebar dan cabang mereka telah menyatu sehingga hari ini, sulit untuk menghitung berapa banyak pohon yang membentuk galeri besar yang tumbuh ini.

2 komentar:

  1. tempat2nya amazing bgt, jadi pengen buat satu di Indonesia ^_^

    BalasHapus
  2. What a beautiful place. Seandainya orang indonesia juga kreatif. Pasti g kalah kern dg gmbar yg ada d atas.

    BalasHapus