Sabtu, 20 April 2013

7 Jalan Yang Paling Berliku Di Dunia


Jalan adalah sebuah rute, atau jalur yang digunakan oleh publik yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lain. Ada berbagai jenis jalan dan tersebar di mana-mana, seperti di atas pegunungan dan lembah, melewati desa-desa dan kota-kota. Biasanya di pegunungan jalan berliku-liku karena medan yang kurang baik untuk membangun. Juga, jalan ini memberikan pandangan yang menakjubkan dari lingkungan sekitarnya.

Pada satu tempat atau yang lain, sebagian besar pemakai jalan menghadapi kondisi jalan yang cukup menegangkan. Beberapa jalan berikut tampak normal, namun sebenarnya memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi, jalan-jalan tersebut memiliki tanjakan dan tikungan yang tajam.

Stelvio Pass Road, Italia



Stelvio Pass (Italia: Passo dello Stelvio) terletak di Italia, pada 2.757 m (9045 kaki) adalah jalan beraspal tertinggi di daerah Pegunungan Alps bagian Timur, dan tertinggi kedua di Alps, sedikit di bawah Col de l'Iseran (2770 m, 9088 kaki).




Stelvio Pass diangkat oleh acara otomotif Inggris, Top Gear sebagai pilihan untuk“greatest driving road in the world”, meskipun pencarian mereka terkonsentrasi hanya di Eropa. Kesimpulan ini dicapai setelah tim pergi mencari jalan yang akan memuaskan setiap "petrolhead’s" dalam fantasti mengemudi.

Col de Turini, Prancis



Col de Turini (el. 1.607m atau 5.272 kaki) adalah melewati gunung tinggi di Pegunungan Alps di departemen Alpes-Maritimes di Perancis. Jalan itu terletak di dekat Sospel, antara komune Moulinet dan La Bollène-Vésubie di arondisemen Nice. Hal ini terkenal dengan tahap Monte Carlo Rally yang diadakan di jalan sempit dengan banyak tikungan tajamnya.




Trollstigen, Norwegia



Trollstigen adalah jalan gunung berliku-liku di Rauma, Norwegia, bagian dari Jalan Nasional Norwegia. Ini adalah atraksi wisata yang populer karena yang curam dari 9% dan sebelas tikungan tajam sebuah sisi gunung curam. Jalan sempit dengan banyak tikungan tajam, dan meskipun itu telah melebar dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari 12,4 meter kendaraan (40 kaki) panjang dilarang mengemudi di jalan ini. Di bagian atas terdapat tempat parkir yang luas yang memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan mobil mereka dan berjalan selama sekitar sepuluh menit ke balkon yang menghadap jalan dengan tikungan dan air terjun Stigfossen.

Big Gate Road, Cina





Big Gate Road atau “the Avenue Toward Heaven”  terletak di provinsi Hunan, jalan panjang 10 km (6.2 mil) dari atas ke bawah. Titik tertinggi adalah 1.300 m (4,265 kaki) di atas permukaan laut, dan titik terendah adalah 200 m (656 kaki), jalan dibangun dalam waktu delapan tahun untuk menyelesaikannya.

Pemandangan terlihat indah, tetapi jalan-jalan terlihat menegangkan dengan banyak tikungan, belokan.

Halsema Highway, Filipina


Jalan raya tertinggi di seluruh Filipina, Highway Halsema membutuhkan waktu sekitar enam jam untuk melintasi. Terletak di pulau Luzon, Highway Halsema memiliki jalur melalui lembah Central Cordillera di Filipina dari Baguio ke Bontoc dan lebih jauh pada arah Tabuk dan Tuguegarao.

Gotthard Pass - Swiss


Gotthard Pass di Swiss adalah yang paling terkenal dari semua jalan di Alpine, pada ketinggian 2.108 meter (6.917 kaki) di atas permukaan laut. Jalan naik terdiri dari serangkaian tikungan tajam, berakhir dengan jalan datar. Beberapa terowongan menyediakan akses melalui celah. 15 km (9,3 mil). Gotthard Tunnel Rail adalah yang pertama dan dibuka pada tahun 1882 untuk lalu lintas kereta api. Sebuah jalan tol terowongan sepanjang 16,3 km (10 mil), merupakan terowongan jalan terpanjang ketiga di dunia.

IrohaZaka - Jepang



Iroha-Zaka adalah jalan berliku dari Jepang yang menghubungkan pusat Nikko dan Oku-Nikko. Jalan terdiri dari 48 kurva dan setiap sudut memiliki alfabet Jepang kuno, mulai dalam urutan abjad dari I-ro-ha yang juga memberikan nama jalan ini. Iroha-zaka sebenarnya terbuat dari dua jalan, satu untuk turun dan lain untuk naik dan mereka berdua memiliki 48 kurva cocok dengan 48 huruf alfabet Jepang kuno. Jalan ini naik lebih dari 1, 300 kaki (400 m).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar