Sabtu, 20 April 2013

7 Lift Yang Paling Unik Di Dunia


Sebuah lift (elevator) adalah jenis alat transportasi vertikal yang efisien menggerakkan orang atau barang antara lantai bertingkat atau deck dari sebuah bangunan, kapal atau struktur lainnya. Lift umumnya didukung oleh motor listrik yang menggerakan kabel traksi atau sistem penyeimbang seperti hoist, atau memompa cairan hidrolik untuk menaikkan piston silinder.

Lift memiliki fungsi yang sederhana, mengambil penumpang dari satu lantai ke lantai lain dengan aman. Tapi itu tidak berarti bahwa lift dibuat dengan beberapa model saja. Menara lift untuk transportasi perkotaan dan desain modern dapat menarik perhatian besar, karena keunikannya, lift terlihat tidak biasa dan memiliki pengalaman transportasi yang berbeda. Berikut dapat dilihat lebih dekat lift paling unik di seluruh dunia.

Falkirk Wheel, Skotlandia


Lift Yang Paling Unik Di Dunia

Image Courtesy of Wikipedia

Falkirk Wheel adalah mengangkat perahu berputar di Skotlandia. Ini menghubungkan Forth dan Clyde Canal dengan Union Canal.


Falkirk Wheel, Skotlandia
Image Courtesy of Public Domain

Roda memiliki diameter keseluruhan 35 meter (115 kaki) dan terdiri dari dua lengan lawan yang memperpanjang 15 meter di luar poros tengah dan mengambil bentuk Celtic-terinspirasi, berkepala dua kapak. Dua set senjata ini berbentuk kapak yang melekat sekitar 35 meter (115 kaki) terpisah dengan poros berdiameter 3,5 meter (11 kaki). Dua bertentangan caissons berisi air, masing-masing dengan kapasitas 80.000 galon yang dipasang antara ujung lengan.

AquaDom, Jerman

The AquaDom di Berlin, Jerman, memiliki tinggi 25 meter (82 kaki) dari kaca akuarium silinder akrilik dengan built-in lift transparan. Kota ini terletak di Radisson Blu Hotel di Berlin-Mitte. Kompleks DomAquarée juga berisi sebuah hotel, kantor, restoran, dan akuarium Sea Life Centre.


AquaDom, Jerman
Image Courtesy of Wikipedia

Aquadom adalah akuarium silinder akrilik terbesar di dunia, dengan diameter sekitar 11 meter (36 kaki), dan dibangun di atas ketinggian pondasi 9 meter (30 kaki).

Dipenuhi dengan 1.000.000 liter air, mengandung lebih dari 1.500 ikan dari 50 spesies. Memberi makan ikan dan pembersihan tangki ikan dilakukan setiap hari oleh 3-4 penyelam. Ikan membutuhkan 8 kg makanan ikan.

Globen Skyview, Swedia


Globen Skyview, Swedia
Image Courtesy of Wikipedia

Globen Skyview adalah gondola lift dibangun di sisi selatan Ericsson Globe, Stockholm. Globe Ericsson saat ini adalah bangunan setengah bola terbesar di dunia dan mengambil dua setengah tahun untuk membangun. Berbentuk seperti bola putih besar, memiliki diameter 110 meter (361 kaki) dan tinggi bagian dalam 85 meter (279 kaki).


Globen Skyview

Image Courtesy of Flickr

Lift adalah 100 meter (330 kaki), dan terdiri dari dua kabin bola, yang memberikan para pengunjung naik menghibur sampai ke puncak Globe, yang berjarak sekitar 130 meter (425ft) di atas permukaan laut. Proyek ini dimulai pada tahun 2004 dan dibuka pada bulan Februari 2010. 160.000 orang naik selama tahun pertama operasi. Selama musim panas dan pada akhir pekan semua wisata yang dapat tersedia.

Hammetschwand Lift, Swiss


Hammetschwand Lift, Swiss

Image Courtesy of Wikipedia

Hammetschwand Lift adalah eksterior lift tertinggi Eropa dan terletak di Swiss. Ini menghubungkan jalur batu spektakuler dengan titik Hammetschwand mencari di dataran tinggi Bürgenstock menghadap Danau Lucerne. Lift baru dibangun dan dibuka oleh Grup Schindler. Ini alat penumpang dengan ketinggian 153 meter (500 kaki) sampai ke puncak Hammetschwand dalam waktu kurang dari satu menit. 



Hammetschwand Lift

Image Courtesy of Public Domain

Bailong Lift, Cina


Bailong Lift, Cina

Bailong Lift adalah lift kaca yang dibangun ke sisi tebing besar di daerah Wulingyuan Zhangjiajie Cina,  yang memiliki tinggi 1.070 kaki (330 m). Hal ini diklaim sebagai lift luar tertinggi dan terberat di dunia. Pembangunan lift dimulai pada bulan Oktober 1999, dan dibuka untuk umum pada tahun 2002.


Bailong Lift
Image Courtesy of Public Domain

Dampak lingkungan dari lift telah menjadi subyek perdebatan dan kontroversi, karena daerah Wulingyan ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2002. Operasi dihentikan selama 10 bulan pada tahun 2002-2003, dilaporkan karena masalah keamanan, yang tidak lingkungan.

Bailong Elevator memakan waktu kurang dari 2 menit untuk mendaki ke puncak dan dikatakan yang tertinggi dan tercepat wisata Lift di dunia, dengan kapasitas terbesar (50 orang).

Gateway Arch Lift, USA

Gateway Arch adalah salah satu dari St Louis, Missouri. Untuk pergi ke puncak Arch, penumpang dalam kelompok sekitar lima orang,  masuk ke sebuah kompartemen berbentuk telur yang mengandung lima kursi dan lantai datar. Delapan kompartemen terkait untuk membentuk kereta api.


Gateway Arch Lift, USA
Image Courtesy of Public Domain

Ini kompartemen individual mempertahankan tingkat yang sesuai secara berkala berputar setiap 5 derajat, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan orientasi yang benar sementara seluruh kereta mengikuti trek melengkung sampai satu kaki dari lengkungan.


Gateway Arch Lift
Image Bustler.net

Perjalanan ke puncak Arch mengambil empat menit, dan perjalanan kembali memakan waktu tiga menit. Pintu mobil memiliki panel kaca yang sempit, yang memungkinkan penumpang untuk melihat tangga interior dan struktur Arch selama perjalanan.

Asansor, Turki



Asansor, Turki

Image Courtesy of Wikipedia

Asansor (Turki untuk "lift") adalah sebuah bangunan bersejarah di kuartal Karataş İzmir, dalam batas-batas distrik metropolitan Konak. Dibangun pada tahun 1907 sebagai sebuah karya pelayanan untuk memudahkan bagian dari garis pantai sempit Karataş ke lereng bukit, lift dalam gedung melayani untuk membawa orang dan barang melalui tebing curam antara dua bagian dari kuartal. Dalam waktu, jalan kecil yang mengarah ke gedung juga kemudian dikenal dengan nama yang sama, Asansor Street. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar