Sabtu, 20 April 2013

Fenomena Air Terjun Yang Tampak Seperti Lahar Vulkanik


Setiap tahun, ada air terjun yang tampaknya seperti mengalir dengan lahar  vulkanik ke sisi timur El Capitan, Formasi granit besar di Yosemite Park, California. Hanya orang-orang di tempat dan waktu yang tepat bisa melihatnya. 

Fenomena Air Terjun ini sering disebut Horsetail Fall. Dan, tentu saja sebenarnya tidak ada magma yang terlibat. Setiap Februari di musim gugur Horsetail di Taman Nasional Yosemite, California, salah satu fenomena alam yang menakjubkan di bumi terjadi. Ini adalah efek alami yang dihasilkan oleh sudut bumi dalam kaitannya dengan matahari dan posisi geografis dari air terjun itu sendiri.

Air Terjun Yang Tampak Seperti Lahar Vulkanik


Fenomena Air Terjun

Horsetail Fall adalah air terjun musiman yang hanya terjadi pada musim dingin dan awal musim semi. Saat matahari terbenam, selama beberapa hari pada pertengahan bulan Februari, air tampaknya berubah menjadi lahar vulkanik di bawah sinar bintang. Warna bervariasi dalam intensitas tergantung pada waktu dan kondisi cuaca.

Jika cuaca benar, selama beberapa menit saat matahari terbenam, air terjun diterangi oleh cahaya oranye sehingga terlihat seperti lahar cair jatuh dari atas tebing.

Fenomena Air Terjun Seperti Lahar Vulkanik

Setiap tahun semakin banyak fotografer berkumpul di taman, menjulurkan leher mereka terhadap Kejatuhan Fenomena Horsetail, berharap langit menjadi jelas sehingga mereka dapat menduplikasi tontonan pertama tercatat dalam warna pada tahun 1973 oleh fotografer terkenal Galen Rowell.

Fenomena Horsetail begitu unik terletak dan tidak tahu apakah ada air terjun lainnya di bumi yang mendapat semacam cahaya seperti ini. Seperti banyak keajaiban dunia alami, tampak jarang dan ketika itu terjadi, berlangsung tidak lama.

Pertunjukan cahaya ini berlangsung selama beberapa menit, tetapi tetap panjang di memori bagi mereka yang cukup beruntung untuk menyaksikannya.

Fenomena langka terjadi saat matahari terbenam ketika bayangan berjalan di muka gunung El Capitan. Lampu peredupan menyentuh air terjun dan mengubahnya dari kuning ke oranye ke merah, memberikan tampilan laharnya.

Pemandangan Air Terjun Seperti Lahar Vulkanik
Meskipun demikian tidak ada jaminan.

Hanya kombinasi yang tepat dari langit dan air yang mengalir dengan jelas memungkinkan. Dan itu mungkin tidak terlihat selama bertahun-tahun jika ada kabut atau awan terlalu banyak.

Namun, itu tidak menghentikan sejumlah fotografer membuat kunjungan tahunan. Ada yang mengatakan, kondisi yang tepat untuk memotret fenomena tersebut bisa sulit didapat, harus ada cukup air terjun turun dan matahari terbenam yang jelas ke barat.

Meskipun efeknya dapat terjadi selama dua minggu, fotografer dan penonton mempekerjakan astronomi, geometri, dan fisika untuk mencoba dan menghitung hari yang sempurna untuk melihatnya.

Pemandangan Air Terjun

Menangkap saat ini membutuhkan baik keahlian dan keberuntungan, namun hasil akhir yang lebih dari sepadan dengan usaha.

Ada hanya sekitar lima hari untuk melihat dan menangkap Horsetail dengan tepat, dari sekitar 19-24 Februari. Pastikan memiliki keterampilan luar fotografi untuk menangkap efek Horsetail pada sore hari dan hanya berlangsung selama sekitar beberapa menit.

Foto-foto Air Terjun Horsetail begitu spektakuler, tetapi sebenarnya menyaksikan fenomena ini secara langsung jauh lebih menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar